top of page
  • Gambar penulisdavincool2015

Kenali 5 Gejala Kerusakan AC yang Perlu Diperhatikan

Diperbarui: 14 Des 2023



ac
ac

PT Davin Cool Indotama - Air Conditioning atau AC adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam rumah atau kantor. AC berfungsi untuk mengatur suhu dan kelembapan ruangan agar tetap nyaman. Namun, seperti halnya perangkat lainnya, AC juga rentan mengalami masalah. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengenali gejala-gejala kerusakan AC yang perlu diperhatikan agar dapat segera memperbaikinya sebelum masalah semakin parah. Berikut ini adalah 5 gejala kerusakan AC yang perlu diperhatikan.


1. AC tidak menghasilkan dingin seperti biasanya

Gejala pertama yang perlu diperhatikan adalah AC yang tidak menghasilkan dingin seperti biasanya. Jika suhu ruangan tidak berubah meski AC telah diatur pada suhu yang rendah, hal ini dapat menjadi tanda bahwa ada masalah pada kompresor atau freon yang memegang peran penting dalam proses pendinginan.


2. AC bocor atau berembun

Gejala kerusakan AC selanjutnya adalah adanya bocoran atau embun yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi karena pipa pembuangan yang bocor atau tersumbat. Bocoran air pada AC dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut, seperti karat pada komponen AC yang berdekatan dengan bocoran tersebut.


3. AC berisik saat beroperasi

Jika AC mengeluarkan suara yang berisik saat beroperasi, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada komponen-komponen di dalamnya. Mungkin ada komponen yang longgar atau rusak sehingga menghasilkan suara berisik. Jika tidak segera diperbaiki, suara berisik ini dapat mengganggu kenyamanan saat menggunakan AC.


4. AC tidak mengeluarkan udara dingin sama sekali

Jika AC Anda tidak mengeluarkan udara dingin sama sekali, hal ini bisa menjadi tanda bahwa compressor atau motor AC mengalami kerusakan. Selain itu, beberapa penyebab umum lainnya adalah kekurangan refrigerant atau adanya masalah pada thermostat. Penting untuk memanggil teknisi AC untuk memeriksa dan memperbaiki perangkat tersebut.


5. AC mengeluarkan bau yang tidak sedap

Jika AC Anda mengeluarkan bau yang tidak sedap saat digunakan, maka mungkin ada masalah dengan filter udara yang kotor atau rusak. Filter udara yang kotor dapat menciptakan lingkungan yang tidak sehat dan dapat mempengaruhi kualitas udara di dalam ruangan. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter secara teratur agar AC Anda tetap berfungsi dengan baik.


Dalam rangka menjaga kinerja AC yang optimal, penting bagi kita untuk mengenali gejala-gejala kerusakan yang mungkin terjadi. Dengan mengamati dan memperhatikan tanda-tanda tersebut, kita dapat segera mengatasi masalah tersebut dengan memanggil teknisi AC terpercaya untuk perbaikan.


Melakukan perawatan rutin pada AC juga sangat penting untuk menghindari kerusakan yang serius dan memastikan bahwa AC berfungsi dengan baik dalam jangka panjang.

6 tampilan3 komentar
bottom of page