top of page
  • Gambar penulisdavincool2015

Cara menghitung PK kompressor berdasarkan volume ruangan cold storage



Cold Storage
Cold Storage

PT. Davin Cool Indotama - Perhitungan daya kompresor (PK) yang dibutuhkan untuk cold storage bergantung pada beberapa faktor seperti volume ruangan, suhu yang diinginkan, jenis komoditas yang disimpan, insulasi ruangan, dan faktor-faktor lainnya. Umumnya, ada rumus perkiraan yang bisa digunakan untuk menghitung PK kompresor yang dibutuhkan untuk cold storage.

Salah satu metode perkiraan umum untuk menghitung daya kompresor adalah menggunakan perbandingan antara volume ruangan cold storage (dalam meter kubik) dan jumlah daya yang diperlukan per meter kubik untuk mendinginkan atau membekukan ruangan tertentu.


Rumus perkiraan umumnya adalah:

Daya Kompresor (PK)=Volume Ruangan Cold Storage×Jumlah Daya yang Diperlukan per Meter Kubik746×Efisiensi KompresorDaya Kompresor (PK)=746×Efisiensi KompresorVolume Ruangan Cold Storage×Jumlah Daya yang Diperlukan per Meter Kubik​


  • Volume ruangan cold storage diukur dalam meter kubik.

  • Jumlah daya yang diperlukan per meter kubik biasanya tergantung pada jenis komoditas yang disimpan dan suhu yang diinginkan untuk ruangan tersebut.

  • 746 adalah faktor konversi untuk mengubah daya yang diukur dalam watt ke dalam satuan PK (Horsepower).

  • Efisiensi kompresor merupakan faktor yang menyatakan seberapa efisien kompresor tersebut dalam mengubah daya listrik menjadi daya pendinginan.



Untuk menghitung nilai yang akurat, Anda perlu mengetahui data spesifik terkait cold storage Anda, seperti jenis komoditas yang disimpan, suhu yang diinginkan, spesifikasi insulasi, dan faktor-faktor lainnya. Sebaiknya, konsultasikan dengan ahli teknik pendinginan atau spesialis HVAC untuk mendapatkan estimasi yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan cold storage Anda.


4 tampilan3 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page